Senin, 05 Desember 2011

Tindik


Begini ini pistol tindik
 Umumnya, para emak beranting. Nah, bicara umum pasti ada khususnya dong, sebagian emak yang itu termasuk saya, tidak beranting. Jaman dahulu kala sih pernah pakai, dulu banget waktu masih imut-imut ceria, pas usia TK.


Seingat saya sempat dua kali pakai anting-anting. Yang pertama yang waktu TK itu, terus entah gimana ceritanya, si anting-anting melambai itu hilang. Kali kedua, waktu SD kelas 1,yang ini cerita hilangnya masih samar-samar inget, saya sama kembaran ketemu ibu-ibu yang nyuruh kita buang anting –anting itu ke sungai, dia yang buangin sih. Anehnya kita gak protes, dasar anak kecil #pernah kecil juga lho meski sekarang gak masuk kategori ukuran itu lagi ^^


Tahun 80-an jaman, ibunda berjaya rasanya pernah deh ngetrend anting-anting yang dijepit atau pakai magnet, soalnya dulu waktu masih centil gitu suka pengen pinjem-pinjem punya mama. Kemarin, juga lihat di dvd lagu-lagu jadul koleksi om aep supir jemputan kantor, Marissa Haque pake anting-anting begitu. Asik juga pakai anting model begitu gak perlu repot tindik menindik. Cuma nih, rata-rata anting yang popular dari jaman permaisuri majapahit sampai Indonesia merdeka dan dilanda krisis moneter, pakai acara ditindik.

Waktu TK—ingatan saya tentang jaman-jaman balita itu cukup kuat, sigh penurunan nih—saya ditindik sama Nenenda tercinta, langsung dicuss pakai anting-antingnya hiks, sakit cyiiin…katanya sih biar gak sakit dua kali. Namun berhubung dah dua kali hilang jadi gak dikasih lagi anting-anting, nutup deh lobang tindiknya.


Jaman sekarang sih enak, sudah ada tembakan buat tindik. Pakai si pistol tindik itu katanya gak sakit, Cuma kayak digigit semut aja. Mungkin semut rangrang yang gigit kupingnya hehe. Tapi, masih banyak juga yang manual kayak nenenda, contohnya si emak asisten saya, dengan sadis dan berdarah dingin tega menusuk kuping sendiri, hihi merinding denger ceritanya, tapi emak tetap santai kayak di pantai.


Ceritanya, melihat perkembangan penampilan yang slow banget menuju feminin, kanda nyeletuk “Bun, kalau pakai anting kayaknya bunda tambah cantik deh”. Terharu deh, kanda memperhatikan penampilan segitunya, tapi yang bikin paling melambung sih yang ujungnya bagian CANTIKnya itu hahahaha. Dibilang cantik sama orang, saya anggap basa basi meski tulus hihi, dibilang cantik sama suami, langsung deh bunga-bunga dimana-mana meski mungkin itu seruan introspeksi diri hahaha.


Hmmmm langsung semangat deh mau ditindik, si emak udah mengajukan diri jadi volunteer eksekusi tindik, tapi setelah Tanya-tanya om google katanya bahaya kalau penatalaksanaan tindiknya tidak tepat, infeksi di telinga dapat menyebabkan kelumpuhan…waduh jadi merinding, semangat tindik langsung melempem.


Cuma setelah lirik lirik, kok banyak ya yang tindik sana sini, dan kayaknya aman. Amaziing banget deh, pas tahu tempat-tempat orang pasang tindik. Kuping jelas itu mah, praktek kuno. Ada lagi hidung, lidah, pusar, alis, dan yang paling aneeh…tindik alat vital..uugh gak bisa bayangin deh #tolong jangan dicoba y


Berbekal rasa aman yang semu itu, akhirnya memberanikan diri ke bidan. Soalnya, bidan yang paling pengalaman tindik menindik, sekalian konsultasi KB. Pilihan jatuh ke klinik bersalin depan komplek, setelah ditunggu 15 menit, kucluk-kucluk ada anak SMA muncul. Tiba-tiba sang ABG mempersilahkan buat masuk ke ruangan, waduuuh ternyata sang ABG adalah sang Bidan itu…getar-getar keraguan menelusup batinku “yakin nih, ABG bisa…”


Konsultasi 20 menit menjawab keraguanku, hmm neng bidan masih harus banyak belajar. Akhirnya, dengan tariff yang mahal untuk ukuran bidan, saya melenggang kangkung dari klinik itu dengan rasa tak puas.


Saya putuskan cari bidan yang lain, alhamdulillaah ada bidan deket rumah malah. Disini saya merasa nyaman, karena dari penampilan lebih meyakinkan. Dan dapat banyak ilmu tentang tindik, dan personal hyegiene buat wanita. Bidan amel, tidak menyarankan ditindik dengan pistol tindik, karena secara medis kurang terjamin higienitasnya, beliau lebih prefer pakai alat-alat medis saja, untuk meminimalisir resiko infeksi. Cuma resikonya memang kalau pakai alat-alat medis, relative lebih sakit dibanding dengan sistem tembak. Buat orang yang sering donor darah, sakitnya hampir sama dengan rasa pas ditusuk jarum donor. Konsultasi selesai, bu bidan Tanya, apa masih mau tindik, dan saya kasih signal oke ^^


Proses tindik pun dieksekusi, bu bidan siapkan jarum (yang biasa buat jahit luka, sekilas bentuknya mirip pancing) dan benang jahit untuk menandai lubang tindik nantinya. Semua alat disteril dan telinga saya dikasih alcohol. Nyesss…sejuk deh pertama kali kena alcohol, lalu cuss…sakit dikit, gak berasa dan sakit lagi sedikit saat si jarum keluar kuping.


No blood saudara-saudara…cring cring..dengan benang melambai di kuping, pulanglah diriku ke rumah. Sampai di rumah, langsung deh cari-cari anting yang sudah disiapkan. Dipikir bakal langsung nyelusup dengan mudah di kuping, ternyata masih butuh perjuangan. Dan anting-anting mungil dengan sukses nangkring di kuping setelah berkutat lebih dari setengah jam, nyesel juga gak langsung dipasang sama bu bidan.


Misi tindik selesai, sekarang tinggal ngaca deh hehe. Sayang gak bisa jeprat jepret, limited edition Cuma buat suami. Hmmm ternyata memang jadi lebih feminim kalo pakai anting-anting. Gak menyesal deh ditindik, tapi gak lagi-lagi juga hehehehe, seperti lagu dangdut bilang….cukup sekali aku merasaaa ditindik telingaaaa #maaf sedikit diubah liriknya ^^










10 komentar:

  1. Hatur nuhun tos mampir ka blog abi..
    hapunteun jarang berkunjung balik
    salam kenal

    BalasHapus
  2. Aaaa.. Epay, blognya ganti cat ya? :D
    Kalau Epay pernah ditindik tapi nutup lagi, aku malah belum pernah sama sekali, makanya akhirnya tindik sendiri pas SMA dan itu pakai pistol tembak. Ternyata nggak higienis toh? Untung taunya sekarang. Kalo taunya dulu, batal lagi deh ditindik, hehehehe..
    Berarti habis ini hunting anting-anting dong ;)

    Btw, dikau punya kembaran?

    BalasHapus
  3. Hoala tindik aja ke bidan tho...
    Saya pengen deh kupingnya banyak tindikan hihi~

    BalasHapus
  4. kirain tindik apaan? Tiba'e pistol ya di tindik ...

    BalasHapus
  5. @arr rian: hehe sawangsulna kang rian, nepangkeun oge ^^. mangga diantos deui atuh kasumpingananan
    @della :yoi del ane punya kembaran hehe, ganti cat juga refreshing. tadinya mau ditembak aj biar gak sakit, tapi gak nemu, dapat saran ke bidan aj gt. dah dapat tuh antingnya, tp kata kanda modelnya kurang feminim hihi, jadi masih hunting.
    @una:hepi belated bday una, maaf ya lagi riweuh jd baru sempet ngucapin nih.ih dua aja dah repot banget nih, ga kebayang yang tindikannya sekujur tubuh itu.
    @mba ririe: iya nih mbak tindik kuping,biar cantik katanya ^^'

    BalasHapus
  6. oalah tepay tepay.. bisa juga ditipu ibu2 disuruh buang anting ke sungai hahaha

    BalasHapus
  7. wah, pasti udah feminin deh sekarang, dan yakin deh hujan pujian dari sang suami ya mba....

    gaya menulismu kusuka mba.... bikin senyum2.... :-)

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum,,, Mbak...
    Wah tindikannya yang bisa liat cuman Mamasnya dunk...

    Sekedar informasi,,, 99% pria takut dengan yang namanya jarum, apalagi jika jarum tumpul ### udah punya ndiri sih soalnya...
    ***lariiii***

    BalasHapus
  9. Eh sama lho Teh, aku jg ga pake anting2 sejak SMP, tapi baru ngeh ternyata tindikannya ngga (atw belom?) ilang hihihi

    Met hunting yaa ;)

    BalasHapus
  10. @nia: hehe namanya juga manusia, penipu ulung pun masih bisa ditipu wkwkwk ^^
    @mba ika :alhamdulillaah dapet pujian ^^, ih mba ika suka bikin seneng aku aj deh, dipuji-puji gitu aku jd ketagihan niiih hihihi
    @samaranji: waalaikumsalam, yoi lah mas ustad,pan yang halal lihat cm si dia. infonya gak valid tuh, belajar lagi yang rajin y mas ustad ^^
    @neng orin: katanya kalo pernah ditindik mah lebih gampang lho neng orin, masih hunting anting melambai yang imut hehe

    BalasHapus